Minggu, 19 Juli 2020

KONSEP DASAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

1.    Pengertian perkembangan Peserta Didik
    Menurut UU No. 20 Tahun 2003 SISIDIKNAS, pasal 1 ayat 4 Peserta Didik adalah anggota         masyarakat yang berusaha mengembangkan dirinya melalui proses pendidikan pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu.

Dalam perspektif psikologis, peserta didik adalah individu yang sedang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun psikis menurut fitrahnya masing-masing.

Berdasarkan pengertian peserta didik dapat dikemukakan bahwa :

1.    Peserta Didik adalah individu yang memiliki potensi fisik yang psikis yang khas, sehingga ia merupakan insan yang unik. Potensi-potensi khas yang dimilikinya ini perlu dikembangkan dan diaktualisasikan sehingga mampu mencapai taraf perkembangan yang optimal
2.    Peserta Didik adalah individu yang sedang berkembang. Artinya, peserta didik tengah mengalami perubahan-perubahan dalam dirinya secara wajar, baik yang ditujukan diri sendiri, maupun yang ndiarahkan pada penyesuaian dengan lingkungannya
3.    Peserta didik adalah individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi. Sebagai inidvidu yang sedang berkembang maka proses pemberian bantuan dan bimbingan perlu mengacu pada tingkat perkembangnnya
4.    Peserta Didik adalah individu yang memiliki kemampuan untuk mandiri. Dalam perkembangannya peserta didik memiliki kemampuan dan berkembang ke arah kedewasaan dan terdapat kecenderungan untuk melepaskan diri dari kebergantungan pada pihak lain.

2.    Jalur Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003 SISIDIKNAS, Pasal 13
Jalur Pendidikan terdiri atas pendidikan formal, non formal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya.

3.    Jenjang Pendidikan Manurut UU No. 20 Tahun 2003 SISIDIKNAS, Pasal 14
Jenjang pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

4.    Jenis Pendidikan Manurut UU No. 20 Tahun 2003 SISIDIKNAS, Pasal 15
Jenis pendidikan mencakup pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan dan khusus.

5.    Perkembangan Peserta Didik
Perkembangan peserta didik merupakan bagian dari pengkajian dan penerapan psikologi perkembangan yang secara khusus mempelajarai aspek-aspek perkembangan individu yang berada pada tahap usia sekolah dan sekolah menengah. Sebagai individu yang tengah tumbuh dan berkembang, peserta didik memerlukan bimbingan dan pengarahan yang konsisten menuju ke arah titik optimal kemampuan fitrahnya.
6.    Tujuan Mempelajari Perkembangan Peserta Didik

o    Agar mempunyai ekspektasi yang nyata tentang peserta didik
o    Dapat merespon perilaku peserta didik secara tepat
o    Membantu mengenali adanya penyimpangan yang terjadi pada diri peserta didik
o    Untuk membantu memahami diri sendiri sehingga dapat berperilaku secara tepat

7.    Manfaat mempelajari Perkembangan Peserta Didik

1.    Bagi Pendidik

a.    Memberikan gambaran tentang perkembangan manusia sepanjang rentang kehidupan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya, yang meliputi aspek fisik, intelektual, emosi, dan moral.
b.    Memberi gambaran tentang bagaimana proses pembelajaran yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan peserta didik.

2.    Bagi Peserta Didik

a.    Memiliki pengetahuan tentang konsep-konsep perkembangan peserta didik sebagai indvidu maupun makhluk sosial dalam menjalani tahapan perkembangan dari prenatal hingga lanjut usia.
b.    Mampu menerapkan pengetahuan yang dimiliki dalam proses pembelajaran sesuai dengan tahapan perkembangannya.

8.    Faktor-faktor yang Berpengaruh pada Perkembangan Peserta Didik.
1.    Faktor Internal

a.    Kondisi Fisik
b.    Kondisi Psikis

2.    Faktor Eksternal

a.     Lingkungan Fisik
b.     Lingkungan Non Fisik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

D'Paragon, Kost Eksklusif yang Cocok untuk Kuliah dan WFH

 Bagi mahasiswa dan profesional muda yang membutuhkan tempat tinggal nyaman, tenang, dan modern, D'Paragon adalah pilihan yang tepat. Di...