Jumat, 13 Maret 2020

Pengertian Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik


1.      Pengertian Perkembangan Peserta Didik
Perkembangan adalah suatu perubahan yang terjadi pada setiap individu yang berawal pada masa konsepsi baik dalam struktur maupun fungsi (fisik maupun spikis) yang terjadi secara teratur dan terorganisasi dan berlangsung sepanjang hayat.
Sebagai contoh : Orang yang sudah lanjut usia, pola pikirnya akan kembali seperti halnya anak balita.
2.      Pengertian Peserta Didik Menurut UU No. 20 Tahun 2003

Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi dirimelalui    proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.

3.      Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan serta Persamaan Perkembangan dan Pertumbuhan

a.       Perbedaan Perkembangan dan Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah proses bertambahnya tinggi, volume, atau massa tubuh makhluk hidup yang bersifat kuantitatif (dapat diukur dan dihitung dengan angka). Pertumbuhan ini dapat dilihat dengan melihat tampilan fisik makhluk hidup tersebut.  Contohnya adalah bertambahnya tinggi badan seseorang. Pertumbuhan terbatas pada usia, ini berarti pada usia tertentu makhluk hidup akan terhenti pertumbuhannya.

Adapun perkembangan adalah proses menuju kedewasaan yang bersifat kualitatif (tidak dapat dituliskan dengan angka). Perkembangan tidak terbatas pada usia, ini berarti makhluk hidup akan terus berkembang seiring pertambahan usianya. Contoh perkembangan adalah proses seorang manusia dari lahir yang tidak bisa melakukan apapun hingga akhirnya mampu berbicara, berjalan dan berpikir.

b.      Persamaan Perkembangan dan Pertumbuhan
sama-sama  bersifat maju, meningkat dan menjadi lebih baik. proses maju dan meningkat tersebut, maksudnya adalah menuju untuk mencapai suatu fungsi yang sebelumnya belum dimiliki, baik pada pertumbuhan dan perkembangan..

4.      Perkembangan Psikologi Individu

-Hereditas
(heredity) merupakan karakteristik bawaan yang di turunkan dari orang tua biologis(papalia olds Feldman-2009), dalam kata lain hereditas berarti sifat keturunan yang di pengaruhi oleh faktor genetik yang terdiri dari kromoson ayah dan ibu dari setiap individu, contoh: seorang ayah dalam keluarga mempunyai kebiasaan yang suka humoris , otomatis kemungkinan besar si anak akan mewarisi keturunan dari si ayah.
-lingkungan
Dalam psikologi lingkungan adalah segala sesuatau yang ada dalam lingkungan individu meliputi sikap, tingkah laku dan perkembangannya. lingkungan itu mencakup segala sesuatu yang ada disekitar manusia, meliputi alam, benda ataupun kehidupan matria manusia, lingkungan sendiri bisa mempengaruhi keadaan fisik setiap individu ,maupun psikologisnya, pengaruh secara fisiologis meliputi kesehatan lingkungan, kebersihan lingkungan, udara, yang nantinya berdampak pada keadaan jasmani setiap individu contoh seorang individu yang berkembembang di lingkungan yang kumuh dan tidak bersih maka nantinya akan mengganggu kesehatan individu sehingga menyebabkan sakit kurangnya gizi dan vitamindan menghambat berkembangan seseorang, begitupun sebalknnya jika seseorang yang hidup di lingkungan yang bersih maka akan berkembang baik karna kebutuhan lingkungan yang sehat dan bersih sudah terpenuhi. Faktor lingkungan sendiri terdiri dari berbagai hal yang meliputi ;
-keluarga
Keluarga mempunyai peran penting dalam hal perkembgan setiapa individu, keluarga bisa memiliki arti yang berbeda-beda sesuia dengan masanya. Keluarga ini dalam bukunya papilia di jelaskan bahwa keluarga ini merupakan sebuah unit keluarga, ekonomi, rumah tangga dua generasi yang terdiri dari satu atau dua orang tua dan anak anak kandungnya, anak anak angkatnya atau anak-anak tirinya. Sedangkan keluarga besar terdiri dari banyak generasi dari kakek, nenek, bibi, paman, sepupu, kerabat yang lainnya. Keluraga memiliki tanggung jawab besar dalam mengasuh anak anak mereka misalnya keluarga yang berpendidikan juga berpengaruh besar dalam berkembangan individu dalam membentuk karakter kepribadiaanya.
-sekolah
Sekolah merupakan tempat belajar di mana sekolah itu tempat kedua setelah individu mendapat didikan dari keluarga, sekolah sendiri bisa berpengaruh dalam mencerdaskananak, serta sosialiasi dengan temannya juga mempengaruhi cara kembangnnya
-Masyarakat
Masyarakat sendiri merupakan sekelompok orang yang tinggal di dalam suatu lingkungan, dimana individu bergaul, besosialisasi, dengan masyarakat, lingkungan masyarakat yang hidup dengan damai ramah tamah yang otomatis perilakunya akan mempengaruhi tingkah lakunya.
-Peran kematangan
Dalam setiap individu akan mengalami proses perubahan secara terus menerus, seperti halnya perubahan yang di alami oleh bayi, masa anak-anak ,masa dewasa seperti kemampuan berbicara, berjalan, semua itu elau berkaitan dengan proses kematangan individu, seorang individu memiliki perbedaan dalam karakteristik dan kondisi hidupnya dalam memainkan peranan yang lebih besar, seperti berinteraksi, beradaptasi dengan kondisinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

D'Paragon, Kost Eksklusif yang Cocok untuk Kuliah dan WFH

 Bagi mahasiswa dan profesional muda yang membutuhkan tempat tinggal nyaman, tenang, dan modern, D'Paragon adalah pilihan yang tepat. Di...